Minggu, 08 Juli 2012

Contoh-contoh Soal Materi Pendidikan Agama Islam


SOAL

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan mukjizat!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan karamah!
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan irhas!
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan maunah!
5.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan istidraj!
6.      Apa pengertian dari Aqidah Islam?

7.      Apa yang dimaksud dengan ibadah ghairu mahdhah? Jelaskan!

8.      Sebutkan huruf-huruf izhar syafawi!

9.      Mengapa pinjam-meminjam bisa terjadi?

10.  Apa factor-faktor dari penyebab runtuhnya dinasti Umayyah? Sebutkan!

11.  Mengapa akhlakul karimah itu sangat penting di dalam pergaulan remaja? Jelaskan!

12.  Jelaskan pengertian dari sunnah!

13.  Jelaskan pengertian dari iman!

14.  Jelaskan pengertian dari akhlak secara singkat!

15.  Islam bisa menyebar di Indonesia melalui beberapa jalur penyebaran, sebutkan dari jalur-jalur mana Islam bisa menyebar di Indonesia!



JAWABAN
1.      Yang dimaksud dengan mukjizat itu adalah kejadian luar biasa yang terjadi pada dan dialami oleh para Nabi dan Rasul, guna untuk melemahkan orang-orang kafir dan sebagai bukti dari kekuasaan Allah SWT.
2.      Karamah adalah kejadian luar biasa yang terjadi pada pemeluk agama Islam yang ditunjukkan kepada hamba-hamba Allah yang sholeh (dan biasanya terdapat pada Wali Allah).
3.      Irhas merupakan kejadian luar biasa yang terjadi pada calon Rasul yang sengaja ditunjukkan Allah sebagai bukti bahwa Allah SWT kuasa dan memuliakan para Rasul-Nya.
4.      Maunah bisa diartikan sebagai pertolongan Allah dan hal ini terjadi pada hamba Allah yang dikehendaki-Nya.
5.      Istidraj meruapak kejadian luar biasa yang terjadi pada orang kafir yang itu merupakan lanjuran dari Allah SWT. Agar mereka diakhirat tidak menuntut nikmat Allah karena semua nikmat akan diberikan di dunia.
6.      Aqidah adalah perjanjian,jadi Aqidah Islam itu adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap muslim berdasarkan dalil aqli dan naqli.
7.      Ibadah ghairu mahdhah adalah ibadah yang ukuran kadar dan waktunya tidak ditentukan. Seperti shadaqah, membaca al-Qur’an, menolong orang dan lainnya.
8.      ا,ت,ث,ج,ح,خ,د,ذ,ر,ز,س,ش,ص,ض,ط,ظ,ع,غ,ف,ق,ز,ك,ل,ن,و,ه,ي
9.      Pinjam-meminjam terjadi karena kebutuhan atau keperluan yang dialami oleh seseorang atau kelompok sehingga dia meminjam kepada yang memiliki akan hal yang dia ingin pinjam.  Misalnya seseorang memerlukan ung dan dia belum waktu gajihan sementara dia memerlukan uang, maka dia meminjam ke teman atau kekeluarganya.
10.  Dinasi Umayyah runtuh karena beberapa faktor yaitu; pigur seorang pemimpin khalifah yang lemah, hak istimewa Arab Surih,Pemerintahan yang tidak demokratis, adil dan korup,persaingan antar suku.
11.  Akhlakul karimah sangat penting karena akhlak adalah pencerminan dari kepribadian seseorang dan akhlak adalah ibarat pakaian penutup aurat maka apabila orang tidak berakhlak sama saja seperti orang gila yang tidak berpakaian.
12.  Sunnah adalah hal yang datang dari Nabi Muhammad SAW yang kemudian menjadi sebuah tradisi atau adat kebiasaan.
13.  Iman adalah keyakinan yang dibenarkan oleh hati, diucapkan dengan mulut dan dibuktikan dengan amalan.
14.  Akhlak adalah kepribadian seseorang, jadi akhlak merupakan potensi yang tertanam dalam jiwa seseorang yang mampu mendorongnya berbua baik atau buruk tanpa di dahului oleh perimbangan akal dan emosi.
15.  Islam bisa menyebar di Indonesia melalui jalur-jalur sebagai berikut yaitu:
Jalur perdagangan, Jalur kekuasaan, Jalur perkawinan, Jalur tasawuf, Jalur pesantren dan pendidikan, Jalur kesenian, dan Jalur politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar