Minggu, 08 Juli 2012

artikel


Demi Cinta, Para Artis Pun Rela Pindah Agama
Oleh : Reny Mardiningsih dan Titis Tri Wahyanti
Dalam beberapa pekan terakhir, publik dikejutkan dengan banyaknya artis Indonesia yang pindah agama. Salah satunya Pinkan Mamboo. Pelantun hits Kekasih Yang Tak Dianggap ini untuk kedua kalinya diberitakan telah pindah agama. Berita Pinkan Mambo pindah agama tersebut dibenarkan oleh ibunya Deetje. Kecewa, itu yang dirasakan oleh seorang ibu mendengar kabar tersebut.
Selama ini kata Deetje, ibu Pinkan belum pernah melihat Pinkan pergi ke gereja. Namun menurut Deetje, Pinkan sudah mulai belajar agama lain dari bulan April 2010. Deetje mengungkapkan kalau pemilik nama lengkap Pinkan Ratnasari Mambo itu banyak berubah belakangan ini. Meski demikian, keputusan Pinkan pindah keyakinan tidak membuat Deetje merasa kehilangan anak. “Anak merupakan titipan Allah dan kita tidak boleh mencintai anak 100 persen, selain kepada Sang Pencipta,” ujar Deetje.
Artis cantik yang juga pernah menjadi VJ MTV Rianti Cartwright disebut-sebut juga telah pindah agama setelah menikah dengan kekasihnya Cas, dimana pernikahan itu sendiri berlangsung di Gereja Old St Patrick, New York, Amerika Serikat. Sebelum menikah di Amerika Serikat, Rianti sudah terlebih dahulu berpindah keyakinan. Kabar itu sendiri didapatkan dari buletin informasi Warta Paroki di Gereja Katolik Keluarga Kudus, Kompleks Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Meski begitu santer kabar kepindahan Agama Rianti Cartwright, namun ketika manajer Rianti bernama Adi diminta klarifikasi, dia bersikukuh hanya berkomunikasi dengan Rianti soal pekerjaan. “Aduh, saya nggak tahu soal-soal begitu. Saya malah tahu dari media-media ada berita kayak begitu,” kilahnya.
Untuk lebih jelasnya, Ade menganjurkan agar dikonfirmasi kepada Romo di Gereja yang disebut memberitakan kabar rencana pernikahan Rianti dengan penyanyi bernama lengkap Alfoncius Dapot Parulian Nainggolan tersebut. “Tanya saja sama Romonya. Romo kan nggak mungkin bohong,” katanya.
Di tempat terpisah, petugas Gereja Keluarga Kudus Pasar Minggu, Robert, mengatakan tidak ada petugas Sekretariat Paroki yang bisa memberikan keterangan. Saat wartawan meminta Warta Paroki, Robert mengatakan buletin tersebut sudah habis. “Sudah habis dibawa pulang sama Jemaat Gereja,” kata dia.
Kabar pindah agama juga melanda Happy Salma. Untuk mewujudkan impiannya menikahi Tjokorda Bagus yang keturunan raja, Happy dikabarkan sudah menjalani upacara pindah agama Hindu.
Dia diketahui menjalani upacara pindah agama Hindu, Sudhi Wadani di Villa Ibah, Ubud, Rabu (29/9) kemarin. Happy rencananya akan menikah dengan kekasihnya, Tjokorda Bagus yang dipacarinya sejak 4 tahun lalu Minggu besok di Puri Saren Kauh, Ubud. Upacara akan digelar dalam adat Hindu. Selain di Bali, Happy dan suami juga akan menghelat pesta di Sukabumi pada 16 Oktober pukul 11.00[1].
A.    Pendahuluan
Saya mencoba mencari sebuah pembahasan masalah yang menurut saya asyik dan sesuai dengan psikologi agama jadi adalah sedikit hubungannya dengan agama. Jadi makanya saya memilih artikel ini dengan topik “Demi Cinta, Para Artis Pun Rela Pindah Agama”. Dalam hal ini kiranya kita dapat melihat dan mengambil hikmah dari persitiwa tersebut, bagaimana para artis bisa berpindah agama hanya karena cinta? Apakah mereka bermasalah dalam keimanan mereka? Atau karena memang karena cinta, mereka semua rela memberikan yang terbaik dan menurut apa kehendak sang kekasih dan bahkan rela berkorban? Ataukah karena materi mereka pindah agama?
Maka saya menjawab semua pertanyaan ini dengan jawab Wallahu ‘alamkarena hal tersebut merupakan privasi seseorang. Maka di sini saya mencoba mengurai hal tersebut menurut psikologi agama dan menurut pandangan serta saya dengan beberapa hal yang dapat mendukung pernyataan saya dalam mengomentari hal ini.

B.     Pendapat Saya
Nah kita ketahui bahwa agama merupakan privasi seseorang, tapi saya anggap pembahasan hal menarik bukan karena saya senang gossip atau infotaiment. Akan tetapi masalah keyakinan ini menurut saya memanglah cocok dibahas dalam pembahasan ini bagaimana psikologi agama memandang hal tersebut.
Menurut saya artis menjadi rela berpindah agama itu letak permasalahannya adalah pada keimanannya. Mereka mengalami problem atau masalah pada keimanan mereka. Bisa dikatakan iman mereka itu tidak kuat atau lemah karena hanya karena orang yang mereka cintai mereka rela melepaskan keyakinan mereka, mending keyakinan mereka itu benar kalau salah atau bahkan ajaran sesat bisa menjadi bahaya bagi mereka sendiri. Bukannya saya bermaksud mengatakan bahwa agama selain agama yang anut itu salah, karena semua agama itu menuju dan membawa kearah baik serta yang namanya kebenaran itukan relative.
Keimanan seseorang itu bisa goyah dikarenakan bebrapa factor dan mungkin banyak sekali tapi diantaranya yaitu:
1.      Kontradiksi antara ilmu dan agama
2.      Akibat mempelajari agama lain
3.      Kesulitan membatasi kebebasan agama
4.      Masalah tujuan hidup
5.      Kondisi fisik dan psikis, dan
6.      Kultur Masyarakat atau pengaruh lingkungan[2]
Dan dalam kasus ini para artis diatas berubah keyakinan atau pindah agama memanglah tidak lepas jauh dari beberapa factor diatas.
Pindah agama adalah persoalan yang pelik karena di dalam agama Islam hal ini sangatlah dibenci dan bahkan sangatlah salah dan pelakunya disebut “murtad”. Tapi seperti yang saya katakan tadi agama atau keyakinan itu merupakan privasi seseorang yang tidak bisa orang lain ikut campur dalam hal itu, dan kalau orang lain ikut campur maka itu melanggar HAM katanya.
Jadi saya simpulkan bahwa para artis pindah agama banyak hal yang mempengaruhinya bukan hanya karena cinta, bisa dari tujuan hidup mereka karena ada yang mengatakan bahwa pindah agama itu merupakan jalan untuk mencari ketenangan di dalam hidupnya. Cuma yang perlu ditekankan bahwa pindahnya seseorang dari agamanya karena imannya bermasalah itu menurut saya dalam memegang kepercayaannya. Memang menurut sebagian orang pindah agama itu sah-sah saja dan menurut saya hendaknya sebelum pindah agama itu carilah informasi sebanyak-banyaknya dulu agama yang mau dimasuki baru pindah. Tapi saya sebenarnya tidak suka dengan yang namanya pindah agama menurut saya agama itu ya haruslah benar-benar dijaga serta janganlah mudah melepaskannnya pertahankanlah agama kita ini samapai akhir hayat, karena agama adalah prinsip an pegangan hidup kita dalam menjalani hidup dibumi ini serta kealam berikutnya.
C.    Penutup
Seseorang pindah agama banyak faktornya tidak hanya karena cinta dan yang lainnya apalagi artis pasti sebabnya lebih banyak. Tapi dari artikel diatas hikmah yang dapat kita ambil ialah hendaknya kita sebagai orang yang beragama itu imannya haruslah kuat dalam mengimani agama yang dianutnya agar kita yang memang memeluk agama Islam ini tidak berubah keyakinannnya menjadi keagama lain.
Tapi agama itu sih juga jangan beragama KTP saja tapi agama itu hendaknya benar-benar kita pelajari dan pahami secara mendalam agar keyakinan agama kita benar-benar kuat. Serta janganlah mudah terpengaruh dengan hal-hal yang memang membuat iman kita goyah.
Demikianlah comment saya terhadap artikel tersebut, kalau ada hal yang salah atau kurang tepat saya mohon maaf sebesar-besar karena saya juga manusia yang mempunyai banyak kekurangan. Intinya agama adalah privasi sesorang dan janganlah ikut campur dalam urusan tersebut, peganglah agama kita yang ada ini karena agama kita ini memanglah benar.
SEKIAN


[2]H.M.Hafiz Anshari, Dasar-dasar Ilmu Jiwa Agama, (Surabya:Usaha Nasional,1991), Ct. ke-1, h. 60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar